Sang Hacker Legendaris

Kevin David Mitnick (lahir 6 Agustus 1963) adalah seorang konsultan dan pembuat keamanan komputer. Dia adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversial di akhir abad ke-20, yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika.

Sebuah ketukan terdengar dari pintu apartemennya, Kevin Mitnick membuka pintu dan mendapati lusinan agen FBI dan penegak hukum lain sudah bersiap untuk menangkapnya.

Ini adalah akhir perjalanan seorang hacker yang terpaksa buron demi menghindari hukuman penjara. Hacker yang selama masa buronannya itu telah mendapatkan status legendaris, bahkan telah tumbuh menjadi sebuah mitos yang lebih besar dari dirinya sendiri.


Penangkapan yang terjadi pada 1995 itu menandai awal dari kasus penahanan yang paling kontroversial terhadap seorang pelaku kejahatan cyber. Mitnick adalah seorang penyusup pada sistem komputer dan menjelma sebagai America's Most Wanted Hacker.

  • Kecanduan Komputer

Karena keluarganya tidak cukup berduit untuk memiliki komputer sendiri, Mitnick mempelajari komputer dengan nongkrong di toko radioshack atau di perpustakaan umum.

Pada periode 1990-an, Mitnick mudah sekali keluar masuk sistem komputer. Namun pada akhir 1980-an ia sebenarnya ingin meninggalkan hobinya itu dan mulai mencari pekerjaan yang sah. Sayangnya, sebelum mendapatkannya, pada 1987 ia tertangkap karena menyusup perusahaan Santa Cruz Organization, sebuah perusahaan piranti lunak yang terutama bergerak di bidang sistem operasi Unix.

Ketika itu pengacara Mitncik berhasil menurunkan tuduhan kejahatan menjadi tindakan yang kurang baik, Mitnick pun hanya diganjar 3 tahun masa percobaan. Tidak sampai setahun Mitnick kembali tersandung kasus hukum. Gara-garanya seorang teman yang komputernya ia gunakan untuk membobol komputer lain melaporkan Mitnick ke pihak berwajib. Computer yang dibobol Mitnick adalah milik Digital Equipment Corporation (DEC).

Setiap kali membobol komputer yang dilakukan Mitnick adalah mengambil code penyusun dari piranti lunak. Kode itu kemudian dia pelajari dengan sungguh-sungguh, terkadang menemukan beberapa kelemahan di dalamnya. Dalam sebuah kesempatan Mitnick hanya mengaku mengambil kode penyusun dari piranti lunak yang ia sukai atau yang menarik baginya.

Dalam kasus DEC Mitnick mendapatkan masa tahanan yang lebih berat. Ketika itu pengacaranya menyebut Mitnick memiliki "kecanduan pada komputer yang tidak bisa dihentikan". Ia diganjar 1 tahun penjara.
Di penjara Mitnick mendapatkan pengalaman yang buruk. Pada saat itu, nama Mitnick atau yang lebih dikenal dengan nama samaran ‘the Condor' sebagai seorang penjahat komputer demikian melegenda. Sehingga sipir di Lompoc, penjara tempat Mitnick ditahan, mengira Mitnick bisa menyusup ke dalam komputer hanya dengan berbekal suara dan telepon.

Walhasil, Mitnick bukan hanya tidak boleh menggunakan telepon, ia juga menghabiskan waktu berbulan bulan dalam ruang isolasi. Tak heran jika kemudian ia dikabarkan mengalami sedikit gangguan jiwa saat menjalani hukuman di Lompoc.

Tahun 1989 Mitnick dilepaskan dari penjara. Ia berusaha mencari pekerjaan yang resmi, namun statusnya sebagai mantan narapidana membuat Mitnick sulit mempertahankan pekerjaan.
Akhirnya ia bekerja sebagai pendulang informasi untuk kantor penyelidik kantor swasta. Tentunya ini menyeret Mitnick kembali kepada dalam dunia maya. Pada awal 1990-an, Mitnickpun dicari lagi oleh FBI. Kali ini takut akan masuk ruang isolasi selama bertahun-tahun, Mitnick memutuskan untuk kabur.

  • Hacking The Human Side

Keahlian Mitnick sebagai hacker tidak terbatas pada kemampuan teknis belaka. Ia merupakan seorang yang memahami betul bahwa keamanan sistem komputer terdiri dari aspek kebijakan organisasi, sumber daya manusia, proses yang terlibat serta teknologi yang digunakan.

Seandainya ia seorang pahlawan super, kemampuan utama Mitnick adalah orang yang mempraktekan ilmu social enggineering alias rekayasa sosial. Ini adalah sebuah teknik mendapatkan informasi penting, semisal password, dengan memanfaatkan kelemahan manusiawi.

Kemampuan Mitnick paling baik diilustrasikan dalam cerita berikut, cerita yang dikisahkan Mitnick sendiri pada sebuah forum online Slasdot.org. "Pada satu kesempatan, saya ditantang oleh seorang teman untuk mendapatkan nomor (telepon) Sprint Foncard-nya. Ia mengatakan akan membelikan makan malam jika saya bisa mendapatkan nomor itu. Saya tidak akan menolak makan enak, jadi saya berusaha dengan menghubungi Customer Service dan perpura-pura sebagai seorang dari bagian teknologi informasi. Saya tanyakan pada petugas yang menjawab apakah ia mengalami kesulitan pada ssitem yang digunakan. Ia bilang tidak, saya tanyakan sistem yang digunakan untuk mengakses data pelanggan, saya berpura-pura ingin memverifikasi. Ia menyebutkan nama sistemnya." "Setelah itu saya kembali menelepon Costumer Service dan dihubungkan dengan petugas yang berbeda. Saya bilang bahwa komputer saya rusak dan saya ingin melihat data seorang pelanggan.

Ia mengatakan data itu sudah berjibun pertanyaan. Siapa nama anda? Anda kerja buat siapa? Alamat anda dimana? Yah, seperti itulah. Karena saya kurang riset, saya mengarang nama dan tempat saja. Gagal. Ia bilang akan melaporkan telepon-telepon ini pada keamanan." 

"Karena saya mencatat namanya, saya membawa seorang teman dan memberitahukannya tentang situasi yang terjadi. Saya meminta teman itu untuk menyamar sebagai 'penyelidik keamanan' untuk mencatat laporan dari petugas Customer Service dan berbicara dengan petugas tadi. Sebagai 'penyelidik' ia mengatakan menerima laporan adanya orang berusaha mendapatkan informasi pribadinya pelanggan. 

Setelah tanya jawab soal telepon tadi, 'penyelidik menanyakan apa informasi yang diminta penelepon tadi. Petugas itu bilang nomor Foncard. 'penyelidik' bertanya, memang berapa nomornya? Dan petugas itu memberikan nomornya. Oops. Kasus selesai"

  • Buron
 
Sebagai buronan Mitnick sering berpindah-pindah tempat tinggal dan selalu menanggalkan berbagai kebiasaannya. Namun, satu hal yang tidak bisa ditinggalkan adalah hobinya mengoprek komputer dan jaringan Internetnya.

Bahkan beberapa keahliannya konon digunakan untuk mendapatkan identitas baru. Selama buron reputasinya semakin menjadi. Ia menjelma sebagai 'Ninja Cyber' yang konon bisa membobol komputer Pentagon hanya dengan remote televisi, sebuah rumor yang melebihi cerita fiksi apapun.

Mengapa Mitnick, seorang buron dalam kasus pembobolan komputer, bisa menjadi penjahat yang paling dicari? Ini tak lepas dari peran media massa. Secara khusus adalah serangkaian artikel sensasional dari John Markoff yang dimuat di New York Times.

Markoff mengutuk Mitnick bagaikan seorang teroris. Dalam sebuah pernyataan setelah lama dibebaskan, Mitnick menyebut citra dirinya yang ditampilkan Markoff bagaikan seorang teroris yang berusaha mengendalikan nuklir dunia. "Saya seakan-akan seorang Osama bin Mitnic," ujarnya bercanda.

Markoff menggambarkan Mitnick sebagai seorang yang mematikan, tak bisa dihentikan dan layak menjadi buronan sepuluh besar FBI maupun penegak hukum lainnya. Artikel Mafkoff, yang kadang muncul di halaman depan, menjadikan Mitnick kandidat terkuat proyek percontohan atas kejahatan cyber. Maka masa depan Mitnick dalam penjara boleh dibilang sudah dituliskan saat itu juga.

Selama menjadi buron Mitnick tetap menjalankan aksinya. Ia membobol berbagai komputer perusahaan besar. Termasuk Sun Microsystem. Ia membobol rekening seorang pada layanan penyimpanan online untuk menyimpan backup dari hasil aksinya. Sebenarnya Mitnick tidak bekerja sendirian namun saat tertangkap ia tak pernah mengungkapkan siapa saja rekannya.

Salah satu korban Mitnick adalah T. Shimomura, seorang ahli komputer yang dalam beberapa tulisan di internet diragukan kebersihannya. Ada dugaan bahwa Shimomura juga seorang hacker yang kerap melakukan perbuatan ilegal. Satu hal yang banyak disetujui adalah Shimomura memiliki sikap yang arogan dan nampaknya ingin muncul sebagai pahlawan dalam kisah perburuan Mintick.

Shimomura, Markoff dan FBI bahu membahu untuk menangkap sang buronan. Panduan dari berita sensasionalnya Mafkoff, kemampuannya hacking Shimomura dan kekuatan hukum FBI pada akhirnya melacak kediaman Mitnick.

Seperti biasanya kisah tertangkapnya seoarang buron, Mitnick melakukan keteledoran. Layanan penyimpanan yang ia gunakan rupanya memiliki program otomatis untuk mencek isi file yang disimpan. Pemilik rekening yang digunakan Mitnick mendapatkan peringatan dari sistem mengenai kapasitas berlebih. Ini adalah awal tertangkapnya Mitnick.

Mitnick mengakui bahwa dirinya ceroboh karena tidak menduga bahwa FBI, Shimomura, Markoff, dan penyedia layanan telepon selular melakukan kerja sama yang begitu erat dan terpadu. "Operator seluler melakukan pencarian dalam database penagihan mereka terhadap dial-up ke layanan Internet Netcom POP. Ini, seperti bisa diduga, membuat mereka bisa mengidentifikasi area panggilan dan nomor MIN (mobile identification number) yang saya gunakan saat itu. Karena saya kerap berganti nomor, mereka mengawasi panggilan data apapun yang terjadi di lokasi tersebut. Lalu, dengan alat Cellscope 2000 Shimomura, melacak sinyal telepon saya hingga ke lokasi yang tepat," Mitnick menuturkan.

Dua minggu sebelum tertangkapnya Mitnick baru pindah ke Raleigh. Lokasi baru membuat kurang waspada dan ia lupa melacak jalur dial-up yang digunakannya. Beberapa jam sebelum tertangkapnya Mitnick, pelacakan dan pengawasan sedang dilakukan terhadap jalur yang ia gunakan.
Saat ia berusaha melacak sejauh mana pengawasan telah dilakukan hingga siapa dibalik pelacakan tersebut, ia mendengar ketukan pintu. Mitnick membuka pintu dan berhadapan dengan lusinan U.S Marshall dan FBI.
Empat Setengah Tahun Digantung

Setelah tertangkap Mitnick ditahan tanpa kemungkinan jaminan. Ia juga tak diajukan untuk pengadilan. Kurang lebih empat tahun ia habiskan tanpa kepastian. Hal ini benar-benar membuat Mitnick frustasi.
Selama dalam penjara FBI ia tak mendapatkan kesempatan mengetahui kasusnya. Bahkan, Mitnick dan pengacaranya tak bisa melihat data kasus tersebut karena terdapat di laptop dan akses laptop bagi Mitnick dianggap membahayakan. Mitnick dituding bisa membuat misil meluncur hanya berbekal laptop atau telepon. Larangan itu tetap berlaku meskipun pengacaranya menggunakan laptop tanpa modem dan kemampuan jaringan apapun.

Mitnick pada akhirnya dituding menyebabkan kerugian hingga ratusan juta dollar. Mitnick menyangkalnya. Karena menurutnya perusahaan yang dirugikan bahkan tidak melaporkan kerugian tersebut dalam laporan tahunan mereka.

Kesepakatan akhir bagi Mitnick adalah pengakuan bersalah. Bersalah dalam kasus pembobolan komputer dan penyadapan jalur telepon. Mitnick menyerah dan mengikuti itu, dengan imbalan 4 tahun tahun lebih waktunya dalam penjara diperhitungkan sebagai masa tahanan. Total Mitnick dihukum adalah 5 tahun dipenjara , 4 tahun dalam tahanan yang terkatung-katung dan 1 tahun lagi sisanya.

Ia dibebaskan pada tahun 2000 dengan syarat tak boleh menyentuh komputer atau telepon. Pada tahun 2002 baru ia boleh menggunakan komputer tapi tidak yang tersambung ke Internet. Baru tahun 2003 ia menggunakan Internet lagi untuk pertama kalinya.

Sejak dibebaskan Mitnic berusaha untuk memperbaiki hidupnya. Ia menuliskan dua buku mengenai hacking, selain itu ia juga mendirikan perusahaan konsultan keamanan sendiri.

"Hacker adalah satu-satunya kejahatan yang keahliannya bisa digunakan lagi untuk sesuatu yang etis. Saya tidak pernah melihat itu dibidang lain, misal perampokan etis," ungkap Mitnick.


Sumber: Dari Berbagai Sumber (nagapasha.blogspot.com )

0 komentar:

Poskan Komentar

Please write your comments here.Thanks.

Kategori

055CXPRO3 100Hz 1024x768 1080ip 1080p 10MP 10xOptical 121megapixel 121Megapixels 121MP 12Channel 12Ounce 141MP 165LBS 18Volt 19YearOlds 23Inch 240ml 25quot 2746 27Inch 2Pack 30Inch 3255 3265 3265Inch 32Inch 37Inch 37LV3500 3Inch 412Inch 46G310U 46Inch 46Inches 46LA45RQ 46PFL5706F7 46quot 46SL412U 46SL417U 47Inch 5460Inch 55Inch 58Inch 5Piece 60Watt 6by9Inch 732YB482K 800x600 812Inch 998864 accept Accessory Add-ons Mozilla Adsense Advertising Advice Affect Affordable ALAMPLB Alexa American Amplifier Android Annies Antenna Anti Virus Antivirus Antivirus Update Aperture Appetite APTMM2B Aquapac Articulating ATHM50 Attic AudioTechnica Automatic Available awning Backlink Backpack Backrest Bamboo Basics Bathroom Batteries Battery Battle BC12062 BDPS570 Bedding Bedroom Bedrooms Beechwood Before Beginners Benefits Berita Berita Terbaru Better Between Bicycle Binoculars Birthday Bisnis Internet Black Blackberry Blanket Blog Blossom Blue BlueSilver BluRay BoltOn Bose Boyfriend Bracket Brackets Brand BRAVIA Breakfast Brightess Bringing Brother BRPK3AN Bubble Building Bundle Burning Butter Buyers Buying Cabinet Cabinets Camcorders Camera Cameras Capacity Cara Bisnis Online Cara Recovery Data Cara Self Test Printer Cara Service Elektronik Cara Service Harddisk Cara Service Jaringan Cara Service Komputer Cara Service Laptop Cara Service Monitor Cara Service Ponsel Cara Service Printer Cara Service TV Cara Service UPS Carbide Carbon Carved Castings Castle Ceiling Celebrate Celtic Chairs Changeable Changing Charger Charlie Chatbox Cheapest Cheetah Cherry Chocolate Choose Choosing Chopsticks Christmas Cinderblock CINNAMON Cleaning Closer Coaxial Coffee Collapsible Collection College Color Column Combination Comforter Compact Companies Company Compare Compared Comparing Compatible Computer Concept Concrete Consider Consumer Contemporary Control Convertible Cooker Cooler Coolpix Cordless Corner Cotton cpu Crafting Creating Creative Crochet Crocheter Css Cubbies Cutting CX3800 CX3810 CX4200 CX4300 CX4600 CX4800 CX5000C CX7400 CX7800 Cybershot Danica Dawson DC91802 Decorate Decorating Definition Delight Deluxe Design Designer Development Device DEWALT Dietary Difference Different Digital Digital Camera Canon Digital Camera Canon Powershot Digital Camera Fujifilm Digital Camera Lens Digital Camera Nikon Digital Camera Panasonic Digital SLR Camera Discover Display Displays Distressed Distribution DMCLX5 DMCS1 DMCS3 DMCTS2 DMCTS3 DMCZS5 DMCZS9 Dofollow Dollars Domain Dreams Drilling Drills Driver Drivers Drives DSCH70 DSCT10 DSCT90 DSCW310BLDB Dumbbell Dymatize E-book Gratis E370VA E470VLE EA8080 Earthquake EasyShare Ebook ECES80 ECST65 Edition Effective Egyptian ELPLP49 Emoticons Entertainment Ericsson Espresseria Espresso Essentials Ethernet Everyone Everything Excellent Exchange EXFH20 Exilim Experience Explained Extended Extremely EXZ75 Facebook Family Fantastic Fashionable Fashions Faucet Features Fermented Fibromyalgia Finding FinePix Finish Firmness Follow Format Formula Foundation foursquare Freaks Free Software Freeware Fujifilm Function Furniture Future Game Gratis Keren Gaming Generation Getting Girlfriend Glasses Goggles Google Adsense Google Friend Connect Google Translate Google+ GoPro Camera Grey Grinder Hacking Halloween Handheld Handlebar Handset Headboard Headphones Headset heello HighPerformance Hitachi Hollywood Homemade Homework Housing HTML Husks Ilmu Komputer Images Imageshack Importance Important Includes Infant Info Aksessoris Komputer Info Software Information Integrated Intelligent Interface Interlock International Internet Networking Internet Business iPhone Istilah-Istilah Komputer - TI Jacquard KDL46BX420 KDL46EX403U KDL46EX500 KDL46NX810 KDL46S5100 Kegerator Kidkraft Kikkerland Kitchen Ladies Lain-lain Laptops latex LBOAS LC46D78UN LC46LE830U LCDDLP LCDDVD LCDNotebook Leather LEDLCD Lenovo Lensbaby Lenses LHB976 Lightning Lights Limited Linux Lipper Literature Lithium LithiumIon Little LN32B360 LN32D450 LN46A650 LN46B550 LN46B650 LN46B650T LN46C530 LN46C630 LN46C750 LN46D503 LN46D550 LN46D630 LNS4695D Lumens M1924A Magnesium Magnetic Maintenance Management Manfrotto Mansion Marketplace Matte Mattress mattresses Measurements MegaPixel Megapixels memory Menu Horizontal Menu Vertical MF607B MFC8670 Microwave MinoHD Minolta Mobile Model Models Modern Modulator Module Monitor Monitors Motion Mountable Mounting Mounts Movies Moving MP248B MPEG124 MultiPurpose Multiroom MultiSpeaker Muscle Muscles MustHave MX1260 Natural Nautical Newborn Nintendo Nobodys NonFerrous Notebook Novice NSX46GT1 Nursery Nutrition Nutritional Olympus Opened Optical Optimum Optimus Options Optoma Organic Original Ottoman Ottomans Outing Outstanding Overhead Pagerank Painting Pair Panasonic Panduan Service Monitor I Panduan Service Monitor II Pastures pc Personally Philips Phones Photographers Photographs Photography Picking Pictures Pieces Pillows Pink Pinpoint Pixels Plasma Plastic Platinum Player PlaySport PlayStation Pleasure Pocket Polaroid Popular Possible Posters Pounds Powder Powered Powerful PowerShot PreCharged Preparations Presentations Pressure Preview Princess Principle Printer Printers Prints Processor Product Product Review Products Professional Profile Projector Projectors Protector Protein Psyllium Public Pumpkin Purchase Purple Quality Quattron Quickly Quilted Rayovac Reader Really Reasons Rectangle RedCyan Reduction Reference Refresh Release Remote Replace Replacement Reports Research Resetter Canon Resetter Epson Resetter HP Resolution Results Reticle Review Reviews Riding Riflescope Rimfire RoomWithAView RoundAndRound RSS FEED RTB1100 RuggedWaterproof Safety Sakura Samsung Satisfactory Screen Screens Scrutiny SD780IS SDSDHCMMC Seating Seatpost Secrets Section Seniors Sensational Sensor SEO Series Serious Service Elektronik Service Komputer Laptop Service Printer Canon Service Printer Epson Service Printer HP Service Printer Laser Jet Sharpener Sheets Shelved Shelves Shelving Should Silicone Silver Sitemap Slender Software Gratis Pilihan Soldering Solutions Sooner Sourcing Spacesaver SPDIF Speakers Speaking Sports Squeeze SS1000 SSeries Stabilized Standard Standing Stands Staying Steady Stools Storage Streaming Strict Stripe Stripes Students Studio Stylish Subwoofer Suggestions Summer Suncast Supplements Suppress Surround Susan Swivel Swiveling SX10IS SX130IS SX20IS SX210IS SX230HS System T90dvfdblack Tables Tablet TBS421601 TCP46S30 TechFuel Technology Teens Television Televisions Templates Terminology Theater Themed Therapy Think Thinkpad Timelines Tip Trik Internet Tip Trik Windows Tipped Tips and Tricks Tips Blogger-Blogspot Tips Blogging Tips Blogspot Tips dan Trik Tips HTML dan JavaScript Tips Keamanan Komputer Tips PHP Tips Visual Basic Tips Windows Vista Tips Windows XP Tips-Tutorial Photoshop Toddler Toilet Toppers TopSelling Torpedo Toshiba Touchscreen Transcend Transmitter Travel TraysTables Treatment Tripod troubleshouting TS8GSDHC6E Turtle Tutorial Blogspot Tutorial Wordpress TVProtectorTM TwinFull Twitter Twitter Stuff tx1000 Ukur Komponen Elektronika UltraHD UM720S UN46B6000 UN46D6000 UN46D6400 UN55B8000 Understanding Underwater Universal V13H010L49 VariAngle Vaulted Vibration Video VideoSecu Viewing Vision Vitamin WAH1111BA0850 Wallet Walls Warta Terkini Waterproof Wave Website Weight Weller WellOrganized Western Whats White Wholesale WideAngle Widgets Windows Windows Tips Winsome Wireless Within Without Wooden Working WPS18MP X500BK ZoomNikkor