JURUS JITU DETEKSI KINERJA PC

Tak semua prosedur pemeriksaan masalah pada PC berlaku sama untuk semua komponen. Masing-masing komponen harus diladeni dengan jurus yang spesifik. Strateginya adalah, tetaplah mencari cara terbaik untuk menekan biaya dan hindari jurus buang-buang waktu sebagaimana suatu kesebelasan sepakbola sudah menang tipis di tengah pertandingan. Ditambah dengan taktik trial and error yang tepat, ilmu reparasi PC pasti bakal Anda kuasai. Tapi, sebelumnya pahami dulu dilosofi dan seni mendeteksinya.

Selalu Berubah Setiap Waktu
Teknologi terus berkembang, masalah nan kompleks pun senantiasa kian membayang. Suatu komponen selalu mengalami perubahan, baik ketika dipakai maupun dibiarkan diam sekalipun. Tiada yang tak berubah oleh waktu.
Setiap komponen PC memiliki daya tahan tertentu yang dipengaruhi oleh factor-faktor antara lain penggunaan, suhu lingkungan, ataupun cara penyimpanan. Itulah sebabnya, pada umumnya sebagian komponen PC yang dibuat oleh beragam produsen memiliki patokan atau standar yang disebut MTBF (Mean Time Between Failure).
MTBF adalah ukuran daya tahan suatu komponen sampai dengan rusaknya barang tersebut. Artinya, misalnya suatu komponen memiliki MTBF 10.000 jam, maka setelah masa 10.000 jam masa pakai dilewati, barang tersebut diperkirakan akan mengalami kerusakan. Lantaran penghitungan waktunya bersifat Mean Time, maka waktu tersebut adalah waktu rata-rata. Artinya lagi, tidak setiap komponen akan selalu rusak setelah melewati batas waktu pakai yang telah ditentukan oleh si pembuat. Lebih jauh lagi, meskipun telah melewati batas MTBF, sesungguhnya barang tersebut masih tetap bisa dipakai, namun bilamana terjadi kerusakan, kerusakan yang terjadi lebih disebabkan karena barang tersebut sudah waktunya rusak dan bukan rusak lantaran salah pengoperasian. Pada umumnya, setiap komponen PC berbeda-beda angka MTBF-nya.
Yang juga tak kalah penting, perubahan teknologi setiap komponen juga berlangsung sangat cepat. Hal ini menjadi problem ketika kita harus mengganti suatu komponen yang rusak, sementara komponen itu sudah tidak tersedia di pasaran lantaran tergusur oleh teknologi yang lebih baru.
Motherboard, prosesor, memori/RAM, harddisk adalah beberapa komponen yang sangat cepat pergantian atau perkembangannya. Meski kadang kala perubahan hanya terletak pada kapasitasnya, buat para pengguna awam, menentukan mana yang cocok yang masih ada di pasaran boleh jadi terlihat lebih rumit. Soal kompatibilitas biasanya selalu menyisakan pertanyaan di kalangan ini.
Sementara itu, CD-ROM, meskipun secara teknologi tidak berubah, perubahan kecepatan putarnya sering kali juga setiap komponen PC. Untungnya, semakin hari, tingkat kompatibilitas setiap komponen dengan system sebelumnya juga kian besar. Kalau dulu plug and play (tancapkan dan jalankan) sering diplesetkan menjadi plug and play (tancapkan dan berdoalah), kini factor itu makin berkurang. Apalagi bila kita memasang system operasi yang terbaru dari Microsoft, Windows XP.

Benchmark: Simulasi Pengujian Kinerja Sistem
Sampai saat ini, benchmarking dianggap merupakan alat ukur yang paling valid dan obyektif di dunia computer untuk menguji kinerja sebuah PC. Akan tetapi, harus ditegaskan di sini bahwa benchmarking sendiri bukanlah tolok ukur yang paling pas untuk menguji tingkat kestabilan sebuah PC sangat ditentukan oleh banyak factor, antara lain pemilihan komponen, kualitas komponen yang digunakan, kombinasi antar-komponen, software yang dipasang/diinstal, serta cara pemakaian sehari-hari dan perawatannya.
Oleh karena itu, kestabilan sering kali dikaitkan dengan waktu pemakaian yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Dan sampai saat ini, belum ada sebuah aplikasi untuk mengukur kestabilan bila ditinjau dari perspektif ini. Salah satu cara yang ditempuh para penguji system atau komponen PC guna mengatasi kelangkaan aplikasi ini adalah menjalankan software benchmarking yang sudah lazim tersedia dalam kurun waktu berhari-hari atau berminggu-minggu (umumnya seminggu non-stop). Istilah teknisnya disebut looping. Jadi, system dipaksa secara simulatif untuk bekerja berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama.
Benchmarking sendiri pada prinsipnya adalah pengukuran dengan tujuan tertentu. Beberapa tujuan itu antara lain :
1. Perbandingan kinerja system
Benchmarking semacam ini merupakan pengujian untuk mengukur tingkat kemampuan beragam merek harddisk ini bisa diketahui performanya masing-masing. Syaratnya, spesifikasi teknis dan kondisi pengujianny sama.
Suatu system dibandingkan dengan system lain yang memiliki spesifikasi teknis yang sama atau mirip. Benchmarking semacam ini biasanya merupakan bertujuan untuk menjadi ajang kompetisi antara suatu komponen atau system berdasarkan suatu tolok ukur tertentu (kecepatan, kemampuan mengeksekusi perintah, kecepatan memunculkan gambar, dan sebagainya). Yang perlu diperhatikan dalam pengujin system PC utuh semacam ini, aplikasi yang digunakan untuk mem-benchmarking PC desktop dengan notebook berbeda dan tidak bisa dipertukarkan satu sam lain untuk keperluan pengujian.

2. Mengukur peningkatan system yang di-upgrade
Benchmarking semacam ini dilakukan untuk mengukur seberapa jauh tingkat perubahan atau perbaikan kinerja dari suatu system, sebelum dan setelah dilakukan upgrading tertentu pada salah satu atau beberapa komponen. Misalnya, Anda menggunakan system PC lama berprosesor Intel Pentium-III 500MHz lalu And ingin mengukur seberapa besar peningkatan kinerjanya setelah prosesor diganti dengan yang Intel Pentium-III 1GHz. Atau, anda ingin mengukur peningkatan kinerja setelah ditambahkan RAM tertentu, atau Anda ingin mengukur peningkatan kinerja setelah melakukan overclocking terhadap prosesor, RAM, atau VGA card yang sama.

3. Mendiagnosis suatu system
Benchmarking kadangkala juga bisa berperan sebagai pendiagnosis system. System yang performanya terlihat buruk dapat di-benchmark, diperiksa, dan kemudian dikonfigurasi ulang.
Benchmarking semacam ini akan membantu kita untuk memilah-milah persoalan yang muncul dan memperbaiki masalahnya secara tepat.

4. Perbandingan performa komponen
Beberapa komponen optical drive (CD-ROM, DVD-ROM, CD-RW, DVD+RW, DVD-RW, dan sebangsanya) bisa diuji secara terpisah pada kondisi system yang sama. Biasanya, yang diukur adalah kecepatan transfer data dan seek time di optical drive tersebut. Untuk peranti tulis (writer), selain dua aspek tersebut yang diuji biasanya adalah kecepatan tulis ulang (rewrite). Untuk VGA card, beberapa kemampuan yang diukur antara lain kemampuannya menghasilkan tekstur (dalam frame rate), menjalankan aplikasi 3 dimensi (3D), atau stabilitas (biasanya system dijalankan secara looping sekurang-kurangnya 16 jam). Komponen lainnya yang bisa diuji antara lain sound card, speaker harddisk, dan monitor.
Namun, teknik melakukan benchmarking sendiri bisa menimbulkan masalah buat yang awam PC. Bagaimana cara melakukannya? Alat apa saja yang diperlukan untuk melakukan benchmarking?
Benchmarking pada pokoknya adalah pengukuran obyektif. Untuk mencapai obyektivitas itu, suatu alat atau mekanisme dibuat, supaya hasil yang hendak diuji bisa diukur secara valid. Data hasil benchmarking biasanya berupa angka dengan satuan-satuan tertentu, tergantung apa focus benchmarking itu sendiri. Ada yang dihitung berdasarkan waktu (detik), ada yang berdasarkan tampilan gambar per detik (frame per second), ada yang berdasarkan instruksi per detik (instruction per second), dan sebagainya.
SYSmark 2001 misalnya, merupakan software benchmarking yang sangat popular untuk menguji system desktop atau notebook secara keseluruhan. SYSmark 2001 mampu menjalankan 14 aplikasi yang berbeda-beda, yang dibagi dalam dua beban kerja yang berbeda yakni Internet content creation dan office productivity. SYSmark 2001 ini memiliki kemampuan untuk mensimulasikan suatu aplikasi multitasking (menjalankan perintah secara dalam waktu bersamaan) aplikasi-aplikasi yang umum terpasang pada PC. Semakin besar angka SYSmark yang bisa diraih, semakin hebatlah performa PC tersebut.
Sementara Premiere 6.0 merupakan aplikasi untuk mengukur performa prosesor, memori, dan harddisk ketika system PC dijalankan untuk menjalankan dan mengolah data-data video digital. Proses pengujian akan melewati beberapa tolok ukur seperti transisi 3D, koreksi warna, pengeditan suara, di mana aplikasi simulasi video tersebut dikemas dalam sebuah file video digital berukuran 306MB. Pengukuran simulasi video ini menggunakan satuan detik, di mana semakin singkat waktu yang digunakan, semakin bertenagalah system PC tersebut.
Untuk menguji kinerja grafis dan performa dalam menjalankan gaming, biasanya digunakan Quake III Demo atau 3D Mark 2001, yang pengukurannya dicatat dalam frame per second. Semakin besar angka yang dihasilkan, semakin baguslah performanya. Dalam pengujian stabilitas suatu hardware, aplikasi 3D Mark 2001 inilah yang umumnya dijalankan dalam mode looping selama 16 jam penuh tanpa henti.
Pengukuran-pengukuran tersebut, sekali lagi, biasanya menggunakan suatu aplikasi yang bersifat simulasi, supaya kita memiliki gambaran, seberapa besar kemampuan suatu system ketika dijalankan pada kondisi nyata. Oleh karenanya, kebanyakan benchmarking dilakukan dengan bantuan software yang memang dikhususkan untuk menguji suatu kondisi tertentu. Untuk mencapai kondisi simulasi yang diinginkan, biasanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
# Catat semua konfigurasi system yang akan diuji secara lengkap. Pencatatan menyeluruh ini meliputi jenis dan tipe prosesor, RAM, motherboard, system operasi yang digunakan, kapasitas harddisk, add-on card, dan sebagainya.
# Jalankan versi software benchmark yang sama pada system. Bagaimanapun juga, benchmarking merupakan pendekatan dari sisi software. Oleh karenanya, versi benchmark yang berbeda akan memberikan dua hasil yang berbeda pula. Bahkan, sebuah alat benchmarking pada satu versi yang sama pun hampir selalu memberikan hasil yang berbeda-beda setiap kali benchmarking dijalankan. Oleh karenanya, benchmarking pada dua system yang akan diuji harus menggunakan software yang sama dan versi yang sama pula.
# Lakukan benchmarking lebih dari satu kali dan ambil nilai rata-ratanya. Lantaran setiap benchmarking memberikan hasil yang berbeda, sudah barang tentu kita perlu melakukan pengukuran lebih dari satu kali. Biasanya sebanyaka tiga kali, lalu diambil reratanya.
# Hindari perbedaan platform hardware yang berbeda-beda. Untuk mencapai kondisi obyektif, pengujian seharusnya menggunakan platform hardware yang sama. Misalnya anda ingin menguji harddisk A dan B. Jangan menggunakan hardware pendukung yang berbeda (misalnya motherboard, prosesor, RAM) karena bisa dipastikan hasilnya akan berbeda. Sekalipun mekanisme kerja system PC pada umumnya sama, perbedaan yang kecil sekalipun (BIOS versi yang berbeda misalnya) bisa menghasilkan data hasil benchmark yang berbeda. Misalnya dua merek motherboard yang menggunakan chipset sama, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan seperti versi BIOS, arsitektur motherboard, kualitas komponen, dan sebagainya.
# Jalankan benchmark pada beban tugas yang sama. Hasil yang dimunculkan oleh aplikasi benchmark tidak menjamin bahwa bila system tersebut dijalankan pada kenyataan yang sesungguhnya akan memberikan hasil yang sama. Sekali lagi, benchmarking adalah perkara simulasi. Oleh karenanya, bila kita ingin mengukur kemampuan suatu system PC, kita harus mencari software yang mampu mensimulasikan program atau aplikasi yang sesungguhnya.
# Gunakan versi BIOS yang sama versinya dan gunakan driver yang paling baru. Keterbaruan BIOS dan driver akan memberikan hasil yang lebih optimal pada sebagian besar pengujian.

Membaca Hasil Benchmarking
Meskipun sudah di-setting pada kondisi yang seobyektif mungkin, semirip mungkin, hasil yang keluar dalam sebuah pengujian pada umumnya berbeda dari satu pengujian ke pengujian berikutnya. Akan tetapi, perbedaan ini biasanya tidak terlampau besar. Oleh karena itu, hasil akhir sebuah pengukuran kuantitatif semacam ini biasanya merupakan rerata dari beberapa kali pengujian (umumnya 3 kali).
Secara obyektif, ada banyak criteria yang digunakan untuk menilai kualitas komponen PC. Bilamana yang diukur adalah satuan waktu, pada umumnya makin cepat makin baik. Bila yang diukur adalah produktivitas, angka yang semakin besar menunjukkan hasil yang lebih bagus.
Namun, benchmarking sendiri menyimpan beberapa pertanyaan dilematis. Pertama, apakah benchmarking merupakan satu-satunya tolok ukur untuk dijadikan patokan dalam memilih komponen, sementara aplikasi pengujiannya sendiri bersifat simulatif? Simulasi, seberapapun sempurnanya tetap menyimpan beberapa kelemahan dan tidak bisa menunjukkan 100 persen kondisi riil ketuka sebuah PC digunakan untuk bekerja. Kedua, seberapa besar kondisi toleransi perubahan lingkungan pengujian masih bisa diterima pada sebuah pengujian? Seberapa besar pengaruh perubahan lingkungan (waktu pengujian, temperature, dan sebagainya) memberi dampak pada hasil pengujian? Ketiga, benchmarking merupakan pengukuran kuantitatif, sementara factor kualitatif, sementara factor kualitatif dianggap tidak valid. Sementara, pada kondisi riil, factor kualitatif ini banyak sekali, baik yang berasal dari komponen itu sendiri maupun dari sisi pengguna yang mengoperasikannya.
Nah, lantaran kita tidak bisa menghindar dari jebakan dilematis tersebut, benchmarking tetap hanyalah merupakan salah satu cara menguji kinerja PC, yang untungnya sudah diterima secara luas di kalangan pengguna computer. Cara lain yang lebih valid, tentulah seperti filosofi orang yang tengah belajar berenang atau naik sepeda. Tak pernah seseorang bisa dianggap bisa berenang atau bersepeda, kecuali ia sudah merasakan dinginnya air atau mengayuh tuas pedal sepeda secara riil, lalu merasakan kenikmatan ketika berproses di dalamnya. Jadi, melalui penggunaan sehari-harilah sebuah PC bisa dirasakan kinerjanya.
Dalam konteks demikian, PCplus menyarankan Anda belajar sendiri menyimpulkan kualitas suatu produk setelah membaca hasil benchmarking, lantaran kami tidak mau dianggap menggurui atau memaksakan kehendak. Data hasil ujinya kami sodorkan, keputusannya tetap di tangan Anda, karena Anda jugalah yang mengambil keputusan untuk membeli atau tidak.
Sumber: Tabloid PCplus, 2007

0 komentar:

Posting Komentar

Please write your comments here.Thanks.

Kategori

055CXPRO3 100Hz 1024x768 1080ip 1080p 10MP 10xOptical 121megapixel 121Megapixels 121MP 12Channel 12Ounce 141MP 165LBS 18Volt 19YearOlds 23Inch 240ml 25quot 2746 27Inch 2Pack 30Inch 3255 3265 3265Inch 32Inch 37Inch 37LV3500 3Inch 412Inch 46G310U 46Inch 46Inches 46LA45RQ 46PFL5706F7 46quot 46SL412U 46SL417U 47Inch 5460Inch 55Inch 58Inch 5Piece 60Watt 6by9Inch 732YB482K 800x600 812Inch 998864 accept Accessory Add-ons Mozilla Adsense Advertising Advice Affect Affordable ALAMPLB Alexa American Amplifier Android Annies Antenna Anti Virus Antivirus Antivirus Update Aperture Appetite APTMM2B Aquapac Articulating ATHM50 Attic AudioTechnica Automatic Available awning Backlink Backpack Backrest Bamboo Basics Bathroom Batteries Battery Battle BC12062 BDPS570 Bedding Bedroom Bedrooms Beechwood Before Beginners Benefits Berita Berita Terbaru Better Between Bicycle Binoculars Birthday Bisnis Internet Black Blackberry Blanket Blog Blossom Blue BlueSilver BluRay BoltOn Bose Boyfriend Bracket Brackets Brand BRAVIA Breakfast Brightess Bringing Brother BRPK3AN Bubble Building Bundle Burning Butter Buyers Buying Cabinet Cabinets Camcorders Camera Cameras Capacity Cara Bisnis Online Cara Recovery Data Cara Self Test Printer Cara Service Elektronik Cara Service Harddisk Cara Service Jaringan Cara Service Komputer Cara Service Laptop Cara Service Monitor Cara Service Ponsel Cara Service Printer Cara Service TV Cara Service UPS Carbide Carbon Carved Castings Castle Ceiling Celebrate Celtic Chairs Changeable Changing Charger Charlie Chatbox Cheapest Cheetah Cherry Chocolate Choose Choosing Chopsticks Christmas Cinderblock CINNAMON Cleaning Closer Coaxial Coffee Collapsible Collection College Color Column Combination Comforter Compact Companies Company Compare Compared Comparing Compatible Computer Concept Concrete Consider Consumer Contemporary Control Convertible Cooker Cooler Coolpix Cordless Corner Cotton cpu Crafting Creating Creative Crochet Crocheter Css Cubbies Cutting CX3800 CX3810 CX4200 CX4300 CX4600 CX4800 CX5000C CX7400 CX7800 Cybershot Danica Dawson DC91802 Decorate Decorating Definition Delight Deluxe Design Designer Development Device DEWALT Dietary Difference Different Digital Digital Camera Canon Digital Camera Canon Powershot Digital Camera Fujifilm Digital Camera Lens Digital Camera Nikon Digital Camera Panasonic Digital SLR Camera Discover Display Displays Distressed Distribution DMCLX5 DMCS1 DMCS3 DMCTS2 DMCTS3 DMCZS5 DMCZS9 Dofollow Dollars Domain Dreams Drilling Drills Driver Drivers Drives DSCH70 DSCT10 DSCT90 DSCW310BLDB Dumbbell Dymatize E-book Gratis E370VA E470VLE EA8080 Earthquake EasyShare Ebook ECES80 ECST65 Edition Effective Egyptian ELPLP49 Emoticons Entertainment Ericsson Espresseria Espresso Essentials Ethernet Everyone Everything Excellent Exchange EXFH20 Exilim Experience Explained Extended Extremely EXZ75 Facebook Family Fantastic Fashionable Fashions Faucet Features Fermented Fibromyalgia Finding FinePix Finish Firmness Follow Format Formula Foundation foursquare Freaks Free Software Freeware Fujifilm Function Furniture Future Game Gratis Keren Gaming Generation Getting Girlfriend Glasses Goggles Google Adsense Google Friend Connect Google Translate Google+ GoPro Camera Grey Grinder Hacking Halloween Handheld Handlebar Handset Headboard Headphones Headset heello HighPerformance Hitachi Hollywood Homemade Homework Housing HTML Husks Ilmu Komputer Images Imageshack Importance Important Includes Infant Info Aksessoris Komputer Info Software Information Integrated Intelligent Interface Interlock International Internet Networking Internet Business iPhone Istilah-Istilah Komputer - TI Jacquard KDL46BX420 KDL46EX403U KDL46EX500 KDL46NX810 KDL46S5100 Kegerator Kidkraft Kikkerland Kitchen Ladies Lain-lain Laptops latex LBOAS LC46D78UN LC46LE830U LCDDLP LCDDVD LCDNotebook Leather LEDLCD Lenovo Lensbaby Lenses LHB976 Lightning Lights Limited Linux Lipper Literature Lithium LithiumIon Little LN32B360 LN32D450 LN46A650 LN46B550 LN46B650 LN46B650T LN46C530 LN46C630 LN46C750 LN46D503 LN46D550 LN46D630 LNS4695D Lumens M1924A Magnesium Magnetic Maintenance Management Manfrotto Mansion Marketplace Matte Mattress mattresses Measurements MegaPixel Megapixels memory Menu Horizontal Menu Vertical MF607B MFC8670 Microwave MinoHD Minolta Mobile Model Models Modern Modulator Module Monitor Monitors Motion Mountable Mounting Mounts Movies Moving MP248B MPEG124 MultiPurpose Multiroom MultiSpeaker Muscle Muscles MustHave MX1260 Natural Nautical Newborn Nintendo Nobodys NonFerrous Notebook Novice NSX46GT1 Nursery Nutrition Nutritional Olympus Opened Optical Optimum Optimus Options Optoma Organic Original Ottoman Ottomans Outing Outstanding Overhead Pagerank Painting Pair Panasonic Panduan Service Monitor I Panduan Service Monitor II Pastures pc Personally Philips Phones Photographers Photographs Photography Picking Pictures Pieces Pillows Pink Pinpoint Pixels Plasma Plastic Platinum Player PlaySport PlayStation Pleasure Pocket Polaroid Popular Possible Posters Pounds Powder Powered Powerful PowerShot PreCharged Preparations Presentations Pressure Preview Princess Principle Printer Printers Prints Processor Product Product Review Products Professional Profile Projector Projectors Protector Protein Psyllium Public Pumpkin Purchase Purple Quality Quattron Quickly Quilted Rayovac Reader Really Reasons Rectangle RedCyan Reduction Reference Refresh Release Remote Replace Replacement Reports Research Resetter Canon Resetter Epson Resetter HP Resolution Results Reticle Review Reviews Riding Riflescope Rimfire RoomWithAView RoundAndRound RSS FEED RTB1100 RuggedWaterproof Safety Sakura Samsung Satisfactory Screen Screens Scrutiny SD780IS SDSDHCMMC Seating Seatpost Secrets Section Seniors Sensational Sensor SEO Series Serious Service Elektronik Service Komputer Laptop Service Printer Canon Service Printer Epson Service Printer HP Service Printer Laser Jet Sharpener Sheets Shelved Shelves Shelving Should Silicone Silver Sitemap Slender Software Gratis Pilihan Soldering Solutions Sooner Sourcing Spacesaver SPDIF Speakers Speaking Sports Squeeze SS1000 SSeries Stabilized Standard Standing Stands Staying Steady Stools Storage Streaming Strict Stripe Stripes Students Studio Stylish Subwoofer Suggestions Summer Suncast Supplements Suppress Surround Susan Swivel Swiveling SX10IS SX130IS SX20IS SX210IS SX230HS System T90dvfdblack Tables Tablet TBS421601 TCP46S30 TechFuel Technology Teens Television Televisions Templates Terminology Theater Themed Therapy Think Thinkpad Timelines Tip Trik Internet Tip Trik Windows Tipped Tips and Tricks Tips Blogger-Blogspot Tips Blogging Tips Blogspot Tips dan Trik Tips HTML dan JavaScript Tips Keamanan Komputer Tips PHP Tips Visual Basic Tips Windows Vista Tips Windows XP Tips-Tutorial Photoshop Toddler Toilet Toppers TopSelling Torpedo Toshiba Touchscreen Transcend Transmitter Travel TraysTables Treatment Tripod troubleshouting TS8GSDHC6E Turtle Tutorial Blogspot Tutorial Wordpress TVProtectorTM TwinFull Twitter Twitter Stuff tx1000 Ukur Komponen Elektronika UltraHD UM720S UN46B6000 UN46D6000 UN46D6400 UN55B8000 Understanding Underwater Universal V13H010L49 VariAngle Vaulted Vibration Video VideoSecu Viewing Vision Vitamin WAH1111BA0850 Wallet Walls Warta Terkini Waterproof Wave Website Weight Weller WellOrganized Western Whats White Wholesale WideAngle Widgets Windows Windows Tips Winsome Wireless Within Without Wooden Working WPS18MP X500BK ZoomNikkor